Penghargaan : Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH kembali menorehkan prestasi dan menerima Piagam Penghargaan disela-sela pelaksanaan Musrembang Provinsi Sulut.(Foto: Ist)
MINSEL, Klikjo.id –Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) sejak dinahkodai Bupati Franky Donny Wongkar, SH, terus menorehkan prestasi, sebagai semangat mewujudkan visi, Minsel maju, berkepribadian dan sejahtera, mengantarkan Kabupaten Minsel meraih berbagai penghargaan dan apresiasi dari berbagai pihak.
Terbaru, Bupati Minsel, Franky Donny Wongkar, SH kembali menorehkan prestasi dan menerima Piagam Penghargaan Penganugerahan Predikat Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik) Tahun 2023 Peringkat Ke-6, dengan Nilai 90,84 (Zona Hijau) Kategori A (Kualitas Tertinggi) dari Kepala Ombudsman RI dan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Utara, diserahkan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Utara, serta menerima Penghargaan Pembangunan Daerah 2024 Terbaik III Perencanaan dan Pencapaian Daerah Tingkat Kabupaten, dan Penghargaan Sulawesi Utara Sensanitasional Award Terbaik III Kategori Akses Sanitasi Layak.

Penghargaan diserahkan bersamaan pelaksanaan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sulawesi Utara 2025-2045 dan Musrembang, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2025, di Hotel The Sentra Manado pada Rabu, (24/4/2024)
Asal tahu saja, penilaian untuk kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik dari Ombudsman RI Tahun 2023, terdapat tujuh lokus penilaian yakni, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Puskesmas Tumpaan, Puskesmas Amurang Barat.

Penilaian untuk perbaikan peningkatan kualitas pelayanan publik serta pencegahan terhadap maladministrasi melalui pemenuhan standar pelayanan, pemenuhan sarana prasarana, peningkatan kompetensi penyelenggara layanan, serta kualitas pengelola pengaduan pada tiap unit pelayanan publik baik di pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
Kenaikan nilai pelayanan publik ini diharapkan memacu semangat dan komitmen unit kerja jajaran Pemkab Minsel memberikan pelayanan prima dalam berbagai inovasi, menunjang berbagai aspek kehidupan masyarakat sesuai UU No. 25 Tahun 2009 menuju Minsel maju, berkepribadian, dan sejahtera. Perbaikan ini ditandai dengan keberhasilan Pemkab Minsel memperoleh kenaikan nilai kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik yang cukup signifikan dari Ombudsman RI, dari sebelumnya 63,78, zona kuning kategori C kualitas sedang di tahun 2022 naik menjadi 90,84 zona hijau kategori A kualitas tertinggi.

Penghargaan Pembangunan Daerah yang dinilai menyangkut kualitas penyusunan dokumen perencanaan dan inovasi daerah dimana yang diajukan Pemerintah Kabupaten Minsel adalah gerakan mari jo batanam. Selanjutnya untuk sensanitasi award yang dinilai antara lain pengelolaan sanitasi seperti ketersediaan jamban (WC) dan bebas buang air besar sembarangan. Penghargaan ini kiranya menjadi trigger untuk peningkatan kualitas pembangunan dan sanitasi di Wilayah Minsel.
Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH, memberikan apresiasi atas penghargaan – penghargaan yang diberikan kepada Pemkab Minsel, namun seluruh upaya yang dilakukan jajaran Pemkab Minsel untuk kepentingan masyarakat. “Harapan kami, prestasi dan penghargaan – penghargaan tersebut dapat menjadi motivasi untuk melakukan hal yang lebih baik lagi kedepannya,” ujarnya.(ADV)
Sumber : Diskominfo Minsel
Tinggalkan Balasan