
Foto : Thomas Alva Edison dengan mobil listrik.(ist)
SEJARAH mobil listrik dimulai pada akhir tahun 1890-an. Di era tersebut ada banyak merek yang membuat mobil listrik. Salah satu yang terkenal adalah pemecahan rekor yang dilakukan Camille Jenatzy. Ia cukup fenomenal lantaran memecahkan rekor kecepatan menggunakan mobil listrik.
Mobil yang digunakan mampu melesat hingga 105 km/jam pada 29 April 1899. Kecepatan tersebut di era itu merupakan hal yang sangat-sangat fantastis. Kendaraan yang dipakai oleh Camille Jenatzy berbentuk roket. Seiring berjalannya waktu, mobil listrik semakin berkembang dan hampir menarik minat banyak orang.
Salah satu mobil listrik yang cukup tua adalah Baker Motor Vehicle. Baker Motor Vehicle merupakan perusahaan otomotif dan komponen yang memang bergerak untuk kendaraan listrik. Perusahan tersebut berdiri sejak 1899 dan berakhir di tahun 1914. Salah satu karya Baker bahkan pernah dibeli oleh Thomas Alva Edison, penemu bohlam lampu.
Thomas Alva Edison mendesain baterai berbahan nikel yang akan digunakan pada kendaraan Baker. Baterai yang didesain Edison kala itu memiliki keawetan yang sangat luar biasa.
Baker Electrics di tahun 1906 memproduksi hingga 800 mobil listrik. Jumlah tersebut menjadikan Baker Electric sebagai salah satu produsen kendaraan listrik terbesar di Dunia kala itu. Jay Leno, kolektor kendaraan dan komedian asal Amerika Serikat bahkan masih memiliki 1 unit Baker Electric. Kendaraan tersebut pernah tampil di kanal YouTube miliknya dan masih berfungsi sangat normal ketika dipakai jalan.
Pernah Jadi Taksi
Siapa sangka kendaraan listrik pada 1897 pernah dijadikan kendaraan umum, alias taksi di Amerika Serikat. Armada taksinya bernama New York City yang dibuat oleh Electric Carriage dan Wagon Company Philadelphia. Di era tersebut ada beberapa produsen mobil listrik. Sebut saja Baker seperti di atas, Columbia, Anderson, Fritchle, Studebaker, Riker, Milburn dan beberapa perusahaan lain.
Di era tersebut mobil listrik punya banyak kelebihan dibanding mobil bensin. Seperti tidak memiliki getaran, tidak berisik, dan tidak mengeluarkan bau tentunya. Namun, mobil listrik di zaman tersebut biasanya hanya dimiliki oleh kalangan orang kaya saja. Sebab, harganya jauh lebih mahal dibanding dengan mesin bensin.
Anehnya, di tahun itu banyak wanita yang menggunakan mobil listrik. Sebab, mereka mengaku lebih mudah mengoperasikannya ketimbang mesin bensin.
Bahkan di tahun 1911 New York Times pernah menobatkan mobil listrik sebagai kendaraan paling ideal. Bersih, senyap, hemat menjadi penawaran menarik yang ditawarkan oleh mobil listrik.
Tinggalkan Balasan