Aman !! Pemuda Muslim, GP Ansor dan Panji Josua Jaga Ibadah Jumat Agung

Berita Utama, Minsel31 Dilihat

foto: Aparat Polisi/TNI, GP Ansor, Pemuda Muslim dan Panji Josua berjaga di Gereja

MINSEL, KLIKJO.ID–Pelaksanaan ibadah Jumat Agung pada Jumat (2/4/2021) di 439 gereja tersebar di Minahasa Selatan (Minsel) Sulawesi Utara (Sulut) berlangsung aman.
Ratusan pemuda Muslim dan Gerakan Pemuda (GP) Ansor berbaur bersama Panji Josua membantu aparat TNI dan Polisi melakukan pengamanan di ratusan gereja yang tersebar di Minsel.
Irzhal P. Djamaludin ketua GP Ansor Minsel  menegaskan, ada ratusan anggota GP ansor dan pemuda Muslim ikut berbaur bersama panji Josua dan aparat TNI /Polri berjaga di gereja yang tersebar di Minsel, dalam rangka pengamanan ibadah Jumat Agung. “Terima kasih kepada anggota GP Ansor dan pemuda Muslim yang sudah ambil bagian dalam pelaksanaan pengamanan Ibadah Jumat Agung,” ujar Djamaludin.
Djamaludin menambahkan, keterlibatan GP Ansor dan Pemuda Muslim dalam penagamanan Jumat Agung dan hari raya Paskah, memang menjadi agenda rutin. Dan ini merupakan bentuk toleransi umat beragama di wilayah ini. “Sebaliknya pada hari – hari raya umat Muslim, panji Josua dan pemuda kristen terlibat dalam pengamanan,” ujarnya.
Sukses dan amannya ibadah Jumat Agung lantaran kesiapan dan kesiagaan TNI dan Polri.  Sebanyak 236 personel jajaran Polres Minahasa Selatan bersama unsur TNI Kodim 1302 Minahasa dilibatkan dalam kegiatan pengamanan ibadah perayaan Jumat Agung, Kematian Yesus Kristus, yang dilaksanakan di 439 Gereja di Wilayah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).
Pengamanan dilaksanakan dengan konsep terbuka, menggelar personel berseragam dinas dilengkapi peralatan teknis TNI/Polri; serta didukung kegiatan pengamanan tertutup dari fungsi Intelijen.
Kapolres Minsel AKBP S. Norman Sitindaon SIK menegaskan tidak mau menganggap remeh menghadapi setiap potensi gangguan Kamtibmas perayaan pada Jumat Agung ini.
“Pelibatan personel skala besar ini sebagai bentuk konsistensi sikap kita selaku aparat penanggungjawab keamanan, yang tidak mau underestimate atau tidak menganggap enteng akan setiap potensi gangguan Kamtibmas yang ada, termasuk aksi teror pada perayaan Jumat Agung,” terang Kapolres Minsel.
Sementara itu, Kabag Ops Polres Minsel Kompol Rahmad Lantemona, mengungkapkan bahwa dalam kegiatan pengamanan ini jajaran personel TNI/Polri didukung juga ormas Gereja serta dari GP Ansor NU.
“Pengamanan melibatkan personel Polri, ditambah perkuatan dari unsur Koramil TNI/Kodim 1302 Minahasa, didukung Panji Yosua GMIM juga saudara-saudara kita umat Muslim dari GP Ansor,” ungkap Kompol Lantemona.
Terpantau seluruh rangkaian kegiatan peribadatan serta Perjamuan Kudus Jumat Agung, sejak pagi hingga petang menjelang malam di Gereja-Gereja yang ada di wilayah hukum Polres Minsel, berjalan aman, lancar dan kondusif, dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19.(wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.