Alat Berat PT MSM Kabur Keluar Lahan, Jerry Palit Minta Presiden Turun Tangan

Berita Utama, Hukrim54 Dilihat

Alat Berat PT MSM balapan keluar lahan milik Jerry Palit.


Manado, KLIKJO.ID–Jerry Palit bersama tim kuasa hukum dari Kantor Fahmi Awulle & Partners merangsek masuk ke lahan dan memergoki serta mengusir pekerja MSM, Rabu (26/05/2021) sekira pukul 13.00 WITA. Sejumlah alat berat milik MSM dan sub-kontraktor pun langsung kabur keluar dari lahan milik Jerry Palit.


Jerry Palit dan Tim Hukum maju tidak dengan tangan kosong. Ia mengantongi Sertifkat Hak Milik (SHM) Nomor 05 dan sesuai alas hak (warkah tanah) di Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang sampai detik ini masih tercatat namanya. Lalu bagaimana dengan PT MSM? Perusahaan ini diduga membeli kopian dokumen dari tangan yang tidak berhak. 
“Saya tidak tahu urusan MSM. Yang jelas, dulu ayah saya membeli dokumen asli dengan obyek di titik ini,” tegas Jerry seraya menunjukan peta dari BPN. 


Bertahun-tahun Jerry menyaksikan lahannya dikeruk tanpa permisi. Ironisnya, saat dia berusaha menduduki seluas 5 hektar lebih, ia malah diusir balik. Persoalan itu pun sedang berproses di Polda Sulawesi Utara. 
“Saya minta Pak Presiden Jokowi, Kapolri dan Menkopolhukam untuk sungguh memberikan perhatian atas tanah rakyat yang dirampas mafia. Kasus yang menimpa saya adalah penyerobotan, pengrusakan lahan, pencurian material. Ini perampasan. SHM dan alas hak atas nama saya ada. Itu sah dan masih tercatat di BPN,” keluh Jerry Palit.

Jerry Palit (Menggendong Anaknya) saat memberikan keterangan kepada wartawan.


Sementara itu, Ketua Tim Kantor Hukum Fahmi Awulle & Partners, Fahmi Awulle tampak tegas mengatakan PT MSM tidak memiliki itikad baik. 
“Kasus pidana ini sudah bergulir di Polda. Kami berkali-kali menyampaikan kepada pihak perusahaan tapi mereka tidak beritikad baik atas proses hukum yang bergulir. Mereka setiap saat melakukan pengrusakan dan pembongkaran lahan milik klien kami Jerry Palit,” tutur Awulle. 


Direktur Fahmi Awulle & Partners Haris Gumolung SH mengatakan, pihak kuasa hukum sudah memperingatkan PT MSM.
“Tapi tidak direspon dan masih saja terjadi pembongkaran dan pengrusakan lahan klien kami. Didapati kenyataan hari ini mereka melakukan pembongkaran. Kami menuntut tegas pihak perusahaan agar PT MSM menghormati hak dari pada rakyat. Karena kelihatannya susah jadi rakyat mending jadi pengusaha saja,” ujar Haris.


Albert, manajer sekuriti MSM sempat menemui Fahmi Awulle & Partners untuk menyampaikan aspirasi bahwa, MSM menghormati proses hukum tapi akan tetap bekerja. “Kami diperintahkan tetap bekerja,” ujar Albert. 
Sontak penyampaian Albert langsung disergah lawyer Jerry Palit. “Tidak bisa. Ini lahan Jerry Palit sesuai SHM dan alas hak. Sekarang berproses di Polda. Bagaimana mungkin MSM yang tidak berhak mau membongkar terus saat kasus masih bergulir,” tegas Haris. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.