Distrik Waibhu Juara Umum MTQ XXIX Kabupaten Jayapura

SENTANI, Klikjo.Id– Distrik Waibhu meraih prestasi sebagai juara umum yang kedua kalinya pada lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX tahun 2022 tingkat Kabupaten Jayapura tahun 2022.

Lomba digelar sejak Kamis (24/3/2022), dan ditutup Pada Sabtu (26/3/2022), dipusatkan di halaman Masjid Agung al-Aqsha Sentani, Distrik Sentani,  mengusung tema “Aktualisasi Nilai-nilai Isi Kandungan al-Qur’an Untuk Pencerahan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Yang Rukun dan Damai di Bumi Kenambai Umbai”, diikuti 7 distrik se-Kabupaten Jayapura.


Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos., M.KP mengatakan, penyelenggaraan MTQ tingkat Kabupaten Jayapura tahun 2022 ini merupakan bagian dari penyelenggaraan tugas dan fungsi LPTQ dalam program mewujudkan visi misi Kabupaten Jayapura yang berkualitas sejahtera dan ramah.

“Tugas LPTQ Kabupaten Jayapura yaitu mewujudkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai al-Qur’an bagi masyarakat yang ber-Pancasila melalui berbagai iven atau momen, baik itu penyelenggaraan MTQ atau STQ di Kabupaten Jayapura,” ujar Abdul Rahmqn Basri .

Menurutnya peran LPTQ untuk dapat mewujudkan nilai-nilai isi kandungan al-Qur’an dalam penghayatan dan pengamalan berbangsa dan bernegara yang aman dan damai di Bumi Kenambai Umbai sebagai mana aktualisasi tema MTQ kali ini.

LPTQ Kabupaten Jayapura melaksanakan upaya pembinaan dilaksanakan secara berjenjang dari kampung dan distrik, sehingga apa yang dilaksanakan ini merupakan suatu perwujudan kebijakan pemerintah daerah Kabupaten Jayapura yaitu pembinaan dari kampung dan distrik ataupun kebijakan Distrik Membangun Membangun Distrik.


“Setelah kegiatan ini akan dilaksanakan orientasi dan berbagai pelatihan kepada para pelatih dan pemenang lomba untuk mempersiapkan diri pada ajang MTQ tingkat Propinsi pada bulan Mei 2022,” ujar Abdul Rahman Basri yang juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura.


Sementara itu Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura Elphyna Situmorang, AP., S.Sos., M.KP., menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada panitia penyelenggara dan pengurus LPTQ Kabupaten Jayapura yang  menyelenggarakan ajang MTQ tingkat Kabupaten Jayapura, mulai persiapan panitia sampai penyelenggaraan lomba MTQ selama 3 hari dengan penuh semangat. Dan menghasilkan juara qori dan qoriah terbaik yang akan mewakili Kabupaten Jayapura pada ajang MTQ tingkat Provinsi Papua.


“Kami memberikan apresiasi khusus kepada kafilah dari 7 distrik di Kabupaten Jayapura yang telah berpartisipasi mengikuti lomba MTQ XXIX tahun 2022 tingkat Kabupaten Jayapura dengan antusias dan kebersamaan yang luar biasa,” ujarnya.

Bupati melalui asisten I menambahkan, kendati ada sejumlah distrik yang belum mampu meraih prestasi maksimal seperti yang diharapkan, namun  program pembinaan seni baca al-Qur’an terus dilakukan LPTQ Kabupaten Jayapura secara dinamis di tingkat-tingkat distrik, maka tidak ada yang mustahil jika suatu saat nanti bisa berprestasi dalam baca seni al-Qur’an pada ajang MTQ maupun STQ seperti prestasi dari Distrik Sentani dan Waibhu saja, tetapi juga bisa diraih distrik yang jauh dari kota.

” Harapan kami Momentum MTQ dan STQ yang rutin dilakukan setiap tahun  tidak hanya fokus pada lomba untuk mengejar prestasi juara, namun yang paling penting adalah memahami dan menghayati serta mengamalkan isi kandungan al-Qur’an secara baik dan benar,’ ujarnya lagi.

Bupati juga menambahakan, Penyelenggaraan MTQ ini akan membawa dampak positif yang dapat dirasakan secara nyata dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara di Kabupaten Jayapura yang kita cintai,” sambungnya.


“Akhirnya, saya ucapkan selamat dan sukses kepada panitia penyelenggara dan pengurus LPTQ Kabupaten Jayapura atas penyelengaraan MTQ XXIX tahun 2022 tingkat Kabupaten Jayapura, pada tanggal 24 Maret – 26 Maret 2022,” tandasnya.(Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *