Pemkab Boven Digoel Gelar Upacara  Hari Pahlawan 

News15 Dilihat

Foto: Kebersamaan Peringatan Hari Pahlawan

Boven Digoel, KLIKJO.ID- Pemerintah Kabupaten Boven Digoel melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati hari Pahlawan Nasional, Kamis (10/11/22).

Bertempat di halaman Kantor Bupati Boven Digoel, upacara dihadiri Forkopimda dan beberapa kepala OPD serta para ASN dan pelajar di Lingkungan Pemkab Boven Digoel.

Upacara memperingati hari pahlawan ini dipimpin Komandan Kodim 1711/BvD, Letkol Czi Agustinus Ressa Sala’pa, ST.,M.I.P.

Dalam sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia yang dibacakan oleh Dandim Boven Digoel, disampaikan bahwa sangat penting untuk diresapi semangat perjuangan serta keikhlasan para pahlawan dalam pertempuran untuk mempertahankan kemerdekaan NKRI.

“Dengan hanya berbekal bambu runcing pun, para pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadap musuh yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya,” ujar Dandim.

Dikatakan pula bahwa secara gagah berani para tokoh masyarakat bersama pemuka agama, santri dan pengikutnya juga tokoh pemuda beserta seantero Nusantara bersatu melawan penjajah demi masa depan anak cucu mereka.

Dandim Ressa juga mengajak masyarakat Kabupaten Boven Digoel untuk berjuang menghadapi tantangan serta ancaman pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, kelangkaan pangan, energi, air bersih, sumber daya termasuk covid-19.

“Untuk itu kita harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan, melakukan pengembangan sumber sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan.”

Lanjutnya, mengelola sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang dengan yang lebih baik.

Dandim Ressa juga menyebut, hal ini tidaklah mudah namun pasti bisa dilaksanakan karena para pahlawan mengajarkan beragam nilai untuk diwarisi serta diikuti sehingga jejak kemenangan niscaya berada dalam genggaman.

“Kita bukan bangsa pecundang, kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah, sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi dengan tangan mengepal dan dada menggelora,” tegas Dandim.

Ia mengajak seluruh masyarakat serta para Pemuda untuk bangkit dalam memberantas kebodohan dan memerangi kemiskinan dimulai dari meningkatkan pengetahuan, melatih keterampilan juga Budi daya maupun pengelolaan hasil bumi, termasuk mengelola kekayaan alam Indonesia bagi kejayaan bangsa dan Negara.

Dandim 1711 Boven Digoel kembali mengajak seluruh masyarakat agar mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan serta dijadikan teladan dalam mengarungi tantangan menuju kemenangan dimasa depan.(Advroger)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.