Evangelian Akan Berupaya Maksimal Kendalikan Inflasi di Sitaro

ONDONG,KLIKJO.ID- Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Evangelian Sasingen memastikan bakal menindaklanjuti semua arahan Presiden, Joko Widodo terkait upaya pengendalian inflasi, khususnya di daerah.
“Ada beberapa poin penting yang disampaikan bapak presiden yang pastinya akan kita laksanakan secara maksimal,” kata Bupati usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2021 secara virtual dari ruangan Media Center Kantor Bupati, Rabu (25/8/2021).
Adapun Rakornas ini dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo mengusung Tema “Mendorong Peningkatan Peran UMKM Pangan melalui Optimalisasi Digitalisasi untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Stabilitas Harga Pangan”.
Dalam arahannya, Jokowi menyebut kondisi ekonomi saat ini semakin membaik. “Kita harus bersyukur meskipun masih menghadapi ketidakpastian, perekonomian Negara kita semakin membaik tetapi tetap kita harus menjaga kewaspadaan,” ujar Jokowi.
“Pada kwartal kedua 2021, kita mampu tumbuh 7, 07 persen year on year (YoY) dengan tingkat inflasi terkendali di angka 1,52 persen YoY. Angka inflasi ini jauh dibawah target inflasi 2021 yaitu 3 persen tetapi kita juga tahu inflasi yang rendah juga bisa bukan hal yang mengembirakan karena bisa saja ini mengindikasikan turunnya daya beli masyarakat akibat pembatasan aktivitas dan mobilitas,” lanjutnya.
Presiden meminta kepada TPIP dan TPID untuk terus menjaga ketersediaan stok dan stabilitas harga barang, utamanya barang kebutuhan pokok. Disebutkan, sektor pertanian di masa pandemi mampu tumbuh positif di angka 2,95 persen pada kuartal pertama 2021 dan 0,38 persen di kuartal kedua.
“Saya yakin Insyaallah di kuartal ketiga sektor pertanian juga masih bisa tumbuh lebih baik lagi karena potensi pasar tetap masih sangat besar, baik di dalam negeri maupun untuk ekspor ke luar,” ungkap presiden.
Turut hadir secara virtual bersama bupati dalam rakornas tersebut, antara lain Wakil Bupati, John Palandung, Sekretaris Daerah Herry Bogar, Kepala Dinas Perikanan, Nova Lahengking, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Tenaga Kerja Jostanlie Bogar, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Eddy Salindeho, MM serta Plt Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, Yoppi R. Jacobus.(JOKER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *