Meky Nawipa Mantan Pilot Jadi Bupati  Paniai, Budidayakan Kopi Arabika

Foto: Meky Nawipa Bupati Kabupaten Paniai

PAPUA, KLIKJO.ID–Meky Nawipa adalah mantan pilot yang terpilih menjadi Bupati Kabupaten Paniai periode 2018-2023. Salah satu putra terbaik Papua ini konsisten  menjaga kepercayaan masyarakat hingga menjelang akhir periode.

Ditemui di salah satu kafe di Kota Sentani Sabtu (10/9/2022) mengatakan, tetap konsisten menjaga kepercayaan masyarakat, dan memprioritaskan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Paniai. Bahkan dalam pelayanannya,  beberapa kali membantu meminjamkan pesawat pribadi  mengirim barang ke pelosok yang tidak bisa dijangkau jalur darat.

Menurut Nawipa sejak 2020 Kabupaten Paniai mengembangkan dan budidaya tanaman kopi Arabika, masyarakat sudah memahami, menjaga dan perawatan tanaman kopi yang baik dan benar.

“699 ribu kopi yang ditanam atau sekitar 583 hektare lahan ditanami pohon kopi Arabika, dengan  petani aktif 820 orang. Juga dibangun Green House, Koperasi Harapan Baru Papua Paniai dan  ada tim percepatan ekonomi yang menangani tentang pendataan dan pembinaan ke masyarakat tentang kopi,’ ujar Nawipa.

Ditambahkan, pemerintah memberikan biaya pemeliharaan pohon kopi setiap bulan, itu sebagai perangsang dan terbukti masyarakat semakin banyak menanam pohon kopi, penghasilan  masyarakat yang rajin sekitar Rp23 juta perbulan.

Rencananya tahun depan hasil panen kopi akan dikirim ke Amerika walaupun baru jumlah kecil, kemudian PT Freeport dan juga Jepang. Ini akan  berdampak baik untuk kesejahteraan masyarakat Paniai. 

“Saya bersyukur  diakhir periode  akan menyelesaikan apa yang belum diselesaikan pada sisa waktu sekitar1,5 tahun. (Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *