Panen Raya Kelompok Tani Binaan Polsek Unurum Guay

Unurum Guay, klikjo.id– Panen raya kelompok kebun noken binaan Polsek Unurum Guay dalam mendukung program pemerintah untuk ketahanan pangan yang berlangsung di Kampung Sawesuma Distrik Unurum Guay, Jumat, (4/11) siang.

Kapolsek Unurum Guai Iptu Usman Talib, dan kepala Dinas Tanaman pangan dan holtikultura saat Panen Raya Betatas, Kelompok Tani Noken Binaan Polsek Unurum Guay.

Adapun komoditas yang ditanam pada kelompok tani noken berupa kasbi, betatas, padi ladang, kacang tanah dan pisang seluas kurang lebih 2 hektar yang ditanami sejak 6 bulan lalu.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Jayapura David Anjang Zakaria, S.Pt., Kasie Pelayanan Umum Distrik Unurum Guay Drs. Sudirman, Kapolsek Unurum Guay Iptu Usman Talib, Kepala Kampung Sawesuma Pieter Bargwe, Ketua Kelompok Tani Noken Emaus Wenda, Tokoh adat dan tokoh masyarakat serta warga dan tamu undangan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jayapura David Anjang Zakaria, S.Pt dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemda sangat mengapresiasi program Binmas Noken.

“Terima kasih kepada kelompok Tani Noken binaan Polsek Unurum Guay yang sudah melakukan panen raya ini.” Ucap Kepala Dinas Pertanian.

Ditempat yang sama Kapolsek Unurum Guay Iptu Usman Talib menyampaikan ini merupakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD).

“Pendampingan ini sudah berjalan 6 bulan lalu, maka dari itu saya perintahkan Kanit Binmas untuk menggalang kelompok – kelompok tani yang ada di wilayah Polsek Unurum Guay agar didampingi dalam proses penanaman serta kami beri bantuan bibit kepada mereka.” jelasnya.

Dirinya mengungkapkan bahwa tidak menutup kemungkinan kelompok-kelompok tani lainnya mampu menghasilkan komoditas-komoditas pangan unggul untuk dapat dipasarkan melalui Bumkam (badan usaha milik kampung) yang terbentuk di masing – masing kampung yang dapat menjadi nilai jual plus.

“Perlu peran serta Bhabinkamtibmas dalam mendukung kelompok – kelompok tani tersebut pada wilayah binaannya agar kedepan kelompok tani tersebut dapat bersaing secara sehat untuk menghasilkan tanaman pangan yang dapat menunjang bagi kebutuhan ekonomi kelompok maupun keluarga,”Tutup Kapolsek.(arifin/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *