Warga Lingkar Tambang Motoling Timur Desak Bupati Minsel Bekukan Amdal PT SEJ

Minsel59 Dilihat

Salah satu spot lokasi tambang yang dikelola di PT SEJ.


Manado, KLIKJO.ID–Warga Motoling Timur belakangan ini jerah dengan ulah PT SEJ.  Pasalnya, perusahaan tersebut dinilai melanggar komitmen operasi pertambangan yang tak pernah direalisasi.


Buntutnya, warga mendesak Bupati Minahasa Selatan (Minsel) membekukan ijin Amdal PT SEJ dengan alasan melanggar komitmen dengan Desa lingkar Tambang Picuan, juga melanggar ijin Kelola dari Kementerian dan Daerah Kabupaten Minahasa Selatan.


“Awal dorang datang disini, dorang bilang pekerjaan dengan teknis Underground/Terowongan. Mar sekarang, coba ngoni pasiar kasana 10 tahun mendatang Kuala ranoyapo bisa tatutup akibat longsoran. Open pit katu kwa dorang pe teknis kerja, bagimana nda mo Ancor ini perkebunan,” ujar  seorang warga yang tidak mau namanya dipublikasikan dengan dialek Manado.


Harapan masyarakat Lingkar Tambang Picuan Bersatu yang terdiri dari Desa Tokin, Karimbow dan Desa Picuan, meminta Ijin AMDAL PT. SEJ agar segera di Bekukan beserta dengan IUP No. 87. 04,2010.


“Kesejahtraan menurut UUD 1945. Pasal 1, ayat 2 menyatakan bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-undang Dasar. Inilah yang menjadi harapan masyarakat Agar pemerintah mau memberikan hak pengelolaan untuk kelangsungan hidup masyarakat Picuan Bersatu,” celoteh warga lainnya.
Pihak PT SEJ, hingga berita ini diturunkan belum berhasil dikonfirmasi.(lan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.