BMI Bantu Polisi Jaga Ibadah Perayaan Jumat Agung dan Paskah

Berita Utama46 Dilihat

Foto : Anggota Polres Minsel akan dibantu BMI untuk melakukan pengamanan perayaan Jumat Agung dan Paskah

SULUT, KLIKJO.ID—Organisasi adat Brigade Manguni Indonesia (BMI) ikut membantu pihak Kepolisian untuk melaksanakan pengamanan (PAM) pada perayaan dan pelaksanaan ibadah Jumat Agung pada Jumat (2/4/2021) hingga ibadah Paskah pada Minggu  (4/4/2021).

Ini ditegaskan Panglima Kamtibmas Joldy Paat kepada wartawan kemarin. Menurutnya, Jajaran Dewan Pimpinan Tonaas Brigade Manguni Indonesia sudah mengeluarkan imbauan, kepada seluruh anggota supaya ikut mengamankan jalannya perayaan dan ibadah di rumah gereja.

“Jajaran dewan pimpinan BMI sudah menginstruksikan kepada anggota BMI di seluruh Indonesia untuk membantu pihak kepolisian dan TNI mnelakukan PAM pada perayaan Jumat Agung dan Paskah,” ujar  Paat yang baru terpilih sebagai Panglima Kamtibmas saat Musawang Nasional di Minut, dan dilantik 29 Maret lalu di Manado.

Ditambahkan anggota BMI diwajibkan memakai atribut dan menaati protokol kesehatan (Prokes) Covid -19 untuk membantu aparat melakukan penjagaan di kawasan rumah gereja  di wilayah tempat tinggal.

Dalam hal ini anggota BMI harus berkoordinasi dan bekerja sama dengan pengamanan Polisi dan TNI untuk memantau setiap tamu atau pendatang tidak dikenal, apabila mencurigakan harus secepatnya melaporkan dan menginformasikan ke pihak Kepolisian terdekat. “Diingatkan kepada anggota BMI jangan main hakim sendiri,” ujarnya,

Sementara itu Kapolres Minahasa Selatan AKBP S. Norman Sitindaon SIK, mengimbau warga Gereja mematuhi Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19 serta bersama-sama menjaga kemanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Usai memimpin rapat perwira staf kesiapan pengamanan Ibadah Paskah tahun 2021 pada Kamis (1/04/2021), Kapolres mengimbau masyarakat tidak perlu takut atau panik, namun meningkatkan kewaspadaan dan bersama-sama dengan aparat keamanan TNI/Polri, menjaga stabilitas kamtibmas khususnya pada perayaan Paskah nanti.

“Kami akan melibatkan ratusan personel gabungan TNI/Polri yang bertugas dalam pengamanan Paskah. Kami juga mengharapkan dukungan dan bantuan warga jemaat Kristen untuk sama-sama menjaga situasi dan kondisi guna terciptanya keamanan dan ketertiban, khususnya pada Ibadah Perayaan Paskah di wilayah Minsel,” ujar Kapolres.(wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.